Langsung ke konten utama

KELAS XII (DUA BELAS)

 LINK


CERMINAN DAN NILAI MULIA AL-ASMĀ` AL-ḤUSNA

BAB I

Berbagai perilaku dapat kita lakukan sebagai cerminan dari al-Asmā` al-Ḥusna. Dengan al-Asmā` al-Ḥusna kita mengusahakan kebaikan sebagai cerminan atas-Nya. Al- Asmā` al-Ḥusna merupakan gabungan dari dua kata yaitu al-Asma` berarti nama-nama, merupakan jama’ taksīr dari kata ismun berarti nama dan al-Ḥusna berarti paling baik, merupakan wazan mubālaghah dari kata ḥusnun berarti baik. Dengan demikian pengertian al-Asmā` al-Ḥusna adalah nama-nama yang paling baik yang Allah Swt. perkenalkan melalui al-āyāt al-qauliyyah-Nya.


KISAH TELADAN

Tatkala Rasulullah Saw. menaklukkan kota Makkah, beliau menawarkan ampunan umum (amnesti), meskipun beberapa di antara mereka pernah melukai hati Nabi Saw. Diantaranya adalah ‘Abdullah bin Za’bari yang menyerang Rasulullah, Wahsyi yang membunuh Hamzah bin Abdul Munthalib, paman beliau dalam Perang Uhud, Akramah bin Abi Jahal, Shafwan bin Umayyah dan Hubbar bin al-Aswad. Mereka datang menghadap Rasulullah Saw. dan beliau memaafkan mereka.
        Ketika menantu Rasulullah, Abul ‘Abbas bin Rabi’ mengutus istrinya, Zainab yang sedang hamil, di tengah jalan Hubbar bin al-Aswad menakut-nakutinya hingga mengakibatkan janinnya keguguran. Rasulullah Saw. menyatakan bahwa darah Hubbar bin al-Aswad boleh ditumpahkan.
        Setelah penaklukan Makkah, Hubbar bin al-Aswad datang menemui Rasulullah dan menampakkan penyesalan atas perlakuannya yang buruk terhadap putri Rasulullah tersebut. Hubbar mengatakan, “Wahai Rasulullah! Kami sebelumnya terjerumus dalam jurang kemusyrikan dan Allah membimbing kami melalui perantara anda serta menyelamatkan kami dari kebinasaan. Maka ampunilah kesalahanku dan maafkan kebodohanku”. Rasulullah Saw. bersabda, “Aku memaafkan kesalahanmu. Allah Swt. berbuat baik padamu dengan cara menuntunmu pada Islam. Dengan menerima Islam sebagai agama, maka dosa-dosa yang lalu akan terampuni”.



SILAHKAN BUKA LINK DI ATAS , IKUTI PERINTAH YANG TERTULIS!!!

ABSENSI KEHADIRAN SESUAI YANG MENGUMPULKAN TUGAS DAN MENGISI KOMENTAR DI HALAMAN INI DENGAN MENULIS NAMA MASING-MASING

Komentar

  1. Nama :Elis Tita
    Kelas: XII IPS
    Mapel:Akidah Akhlak

    BalasHapus
  2. 1.Ellis Tita
    2.Meilan P Yulistia
    3.Wulandari

    BalasHapus
  3. 1.Ellis Tita
    2.Meilan P Yulistua
    3.Wulandari
    4.Novia Anzani

    BalasHapus
  4. 1.Ellis Tita
    2.Meilan P Yulistua
    3.Wulandari
    4.Novia Anzani
    5.Eva Fatmawati

    BalasHapus
  5. 1.Ellis Tita
    2.Meilan P Yulistua
    3.Wulandari
    4.Novia Anzani
    5.Eva Fatmawati
    6.Rani Nuraeni

    BalasHapus
  6. 1.Ellis Tita
    2.Meilan P Yulistua
    3.Wulandari
    4.Novia Anzani
    5.Eva Fatmawati
    6.Rani Nuraeni
    7.Ayu Yulianti

    BalasHapus
  7. 1.Ellis Tita
    2.Meilan P Yulistua
    3.Wulandari
    4.Novia Anzani
    5.Eva Fatmawati
    6.Rani Nuraeni
    7.Ayu Yulianti
    8.Iim Jamilah
    9.Riska Novita
    10.Asri Yuningsih

    BalasHapus

Posting Komentar

KUMPULAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER, AKHIR SEMESTER DAN MATERI PELAJARAN

Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku

Analisis Isi Teks Anekdot   Cara Keledai Membaca Buku Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku Anekdot adalah cerita singkat yang mengisahkan tentang tokoh dalam kehidupan nyata dengan latar yang sebenarnya. Namun penyampaian teks anekdot diceritakan dengan gaya jenaka/lucu/humor. Contoh teks anekdot adalah cara keledai membaca buku. Di mana seperti kita tahu bahwa hewan termasuk keledai tidak bisa membaca. Analisis isi teks anekdot Cara Keledai Membaca Buku meliputi masalah yang dibahas, unsur humor, dan makna tersirat yang disampaikan. Apa masalah yang di bahas pada teks anekdot  Cara Keledai Membaca Buku ? Apa unsur humor yang terdapat dalam teks anekdot tersebut? Apa makna tersirat yang disampaikan?     Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku Analisis isi pokok teks anekdot  Cara Keledai Membaca Buku  yang meliputi masalah yang dibahas, unsur humor, dan makna tersirat yang disampaikan.   Masalah yang di bahas  dalam cerita  Cara Keledai Memba

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11 BACA JUGA: Label SOAL PILIHAN GANDA PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11 1. Menurut bahasa pengertian Ilmu Kalam adalah.... A. Perkataan dan percakapanB. Percakapan dan pengetahuan C. Percakapan-percakapan D. Pengetahuan-pengetahuan E. Pengetahuan tentang keyakinan 2. Ilmu ini membahas tentang pokok-pokok agama Islam yakni akidah-akidah Islam, maka disebut .... A. Ilmu Tauhid                                                             D. Ilmu Usuluddin B. Ilmu Akaid                                                                E. Fiqih Akbar C. Ilmu Kalam 3. Ilmu ini membahas tentang keesaan Allah baik zat, sifat, maupun afal-Nya, disebut .... A. Ilmu Tauhid D. Ilmu Usuluddin B. Ilmu Akoid E. Fiqih Akbar C. Ilmu kalam 4. Termasuk fungsi Ilmu Kalam adalah, kecuali.... A. Menolak akidah sesat                                    D. Menjelaskan akidah Islam B. Memperkuat akidah Islam                          

ULANGAN HARIAN QURDIS KELAS 8 MTs

Bismillahirrohmanirrohiim ULANGAN HARIAN ilmusumbercahaya.blogspot.com - Untuk mengasah dan mengetahui sejauh mana pengetahuan kalian selama belajar BDR, kalian kerjakan soal dibawah ini.... A.    Pilihan Ganda 1.     Dibaca Mad Layyin jika bertemu dengan dua huruf mad yaitu  .... a. wau dan alif b. alif dan ya’ c.  wau dan sa’ d. wau dan ya’ 2.     Sebelum Mad LAyyin biasanya ada yang berharkat  .... a. sukun b. fathah c.  kasrah d. dhommah 3.     Kata Layyin berasal dari bahasa arab yang memiliki makna  .... a. keras b. lembut c.  lunak d. tipis 4.     Dibawah ini yang termasuk contoh Mad Arid lissukun adalah  .... a.  لاَ تُظْلَمُوْنَ b.  الحولُ c.   ذَهبُوْا d.  أرَأيتَ 5.     Letak Mad Arid Lissukun berada  .... a. Diawal Ayat b. Ditengah Ayat c.  Setelah Ayat d. Diakhir Ayat 6.     Kata  خَالِدُوْنَ  termasuk contoh  .... a. Mad Badal Tamkin b. Mad Arid Lissukun c.  Mad Layyin tawil d. Mad Iwad 7.     Dalam bacaan mad iwad tanwin dibaca  .... a. jelas dan tartil b. samar-samar di