Langsung ke konten utama

Berbagi ilmu/materi kelas 8 - bab iv

 Bismillahhirrohmanirrohiim


KUBACA AL-QUR’AN DENGAN BENAR
(Mad ṣilah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi)


Pedoman hidup umat Islam adalah al-Qur’an. Al-Qur’an adalah pedoman sepanjang hayat, di dunia bermanfaat di akhirat menjadi penyelamat. Semangat belajar al-Qur’an merupakan bagian tak terpisahkan dalam upaya untuk belajar membacanya, memahaminya, dan mengamalkannya termasuk mempelajari tajwidnya. Tak cukup hanya niat dan ucapan tetapi harus sinergi antara niat, ucapan, dan pelaksanaan.
Sehubungan dengan membaca al-Qur’an, semangat belajar harus terus tumbuh dan berkembang sehingga anggapan buta huruf al-Qur’an, gagap baca al-Qur-an dapat terbantahkan. Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan belajar membaca al-Qur’an dengan benar, dalam bab ini kita akan mempelajari hukum mad ṣilah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi.

A. HUKUM BACAAN MAD ṢILAH, MAD BADAL, MAD TAMKIN, DAN
MAD FARQI
1. Mad silah
Dari segi bahasa , mad artinya panjang , sedangkan ṣilah artinya hubungan. Menurut istilah, mad ṣilah adalah apabila terdapat ha’ ḍamir berharakat ḍammah ( ‘ـه’ / ه (maupun kasrah ( ه ِـ / ه ,( ِterletak di akhir kata, tidak dibaca waqaf, tidak dibaca sambung dengan huruf berikutnya dan sebelumnya adalah huruf yang berharakat hidup bukan mad.
Mad ṣilah ada dua macam:
a. Mad ṣilah qaṣirah
Menurut bahasa, mad artinya panjang, ṣilah artinya hubungan dan qaṣirah artinya pendek. Menurut istilah mad ṣilah qaṣirah adalah apabila ada ha’ ḍamir berharakat ḍammah ( ‘ـه’ / ه ( maupun kasrah ( ه ِـ / ه ,( ِterletak di akhir kalimat, tidak dibaca waqaf, tidak dibaca sambung dengan huruf berikutnya dan sebelumnya adalah huruf yang berharakat hidup bukan mad, sedangkan huruf sesudahnya bukan huruf hamzah. Panjang bacaannya; 1 alif atau 2 harakat. Perhatikan contoh pada QS. al-Baqorh (2):255 berikut! (Tulis ayat nya !!!!)

b. Mad ṣilah ṭawilah
Menurut bahasa, mad artinya panjang, ṣilah artinya hubungan dan ṭawilah artinya panjang. Menurut istilah mad ṣilah ṭawilah adalah apabila ada ha’ ḍamir berharakat ḍammah ( ‘ـه’ / ه ( maupun kasrah ( ه ِـ / ه ,( ِterletak di akhir kalimat, tidak dibaca waqaf, tidak dibaca sambung dengan huruf berikutnya dan sebelumnya adalah huruf yang berharakat hidup bukan mad, sedangkan huruf sesudahnya adalah huruf
hamzah ( ء .( Panjang bacaannya: 2 1/2 alif atau 5 harakat.
Perhatikan contoh pada QS. al-Baqarh (2):255 berikut ! (Tulis ayat nya !!!)


Komentar

KUMPULAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER, AKHIR SEMESTER DAN MATERI PELAJARAN

Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku

Analisis Isi Teks Anekdot   Cara Keledai Membaca Buku Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku Anekdot adalah cerita singkat yang mengisahkan tentang tokoh dalam kehidupan nyata dengan latar yang sebenarnya. Namun penyampaian teks anekdot diceritakan dengan gaya jenaka/lucu/humor. Contoh teks anekdot adalah cara keledai membaca buku. Di mana seperti kita tahu bahwa hewan termasuk keledai tidak bisa membaca. Analisis isi teks anekdot Cara Keledai Membaca Buku meliputi masalah yang dibahas, unsur humor, dan makna tersirat yang disampaikan. Apa masalah yang di bahas pada teks anekdot  Cara Keledai Membaca Buku ? Apa unsur humor yang terdapat dalam teks anekdot tersebut? Apa makna tersirat yang disampaikan?     Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku Analisis isi pokok teks anekdot  Cara Keledai Membaca Buku  yang meliputi masalah yang dibahas, unsur humor, dan makna tersirat yang disampaikan.   Masalah yang di bahas  dalam cerita  Cara Keledai Memba

ULANGAN HARIAN QURDIS KELAS 8 MTs

Bismillahirrohmanirrohiim ULANGAN HARIAN ilmusumbercahaya.blogspot.com - Untuk mengasah dan mengetahui sejauh mana pengetahuan kalian selama belajar BDR, kalian kerjakan soal dibawah ini.... A.    Pilihan Ganda 1.     Dibaca Mad Layyin jika bertemu dengan dua huruf mad yaitu  .... a. wau dan alif b. alif dan ya’ c.  wau dan sa’ d. wau dan ya’ 2.     Sebelum Mad LAyyin biasanya ada yang berharkat  .... a. sukun b. fathah c.  kasrah d. dhommah 3.     Kata Layyin berasal dari bahasa arab yang memiliki makna  .... a. keras b. lembut c.  lunak d. tipis 4.     Dibawah ini yang termasuk contoh Mad Arid lissukun adalah  .... a.  لاَ تُظْلَمُوْنَ b.  الحولُ c.   ذَهبُوْا d.  أرَأيتَ 5.     Letak Mad Arid Lissukun berada  .... a. Diawal Ayat b. Ditengah Ayat c.  Setelah Ayat d. Diakhir Ayat 6.     Kata  خَالِدُوْنَ  termasuk contoh  .... a. Mad Badal Tamkin b. Mad Arid Lissukun c.  Mad Layyin tawil d. Mad Iwad 7.     Dalam bacaan mad iwad tanwin dibaca  .... a. jelas dan tartil b. samar-samar di

SOAL HOT BAHASA INDONESIA HOTS-kelas 11

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 11 SOAL HOTS SOAL BAHASA INDONESIA HOTS          Maya merupakan seorang anak yang rajin. Setiap hari dia menolong ibu nya di rumah membersihkan bagian dalam dan sekitar luar rumah. Pada suatu hari dia mengalami kesulitan menggunakan alat pel rumah yang dibeli ibunya kemarin. Alat tersebut berbeda tipe dengan alat pel yang biasa dia gunakan. Kemudian dia membaca sebuah kertas yang merupakan cara menggunakan alat tersebut.  SOAL BAHASA INDONESIA HOTS Dengan membaca tulisan petunjuk penggunaan sebuah alat tersebut berarti Maya membaca .... a. Teks Prosedur b. Teks Penggunaan c. Teks Aturan d. Teks Penjelas e. Teks Observasi SOAL BAHASA INDONESIA HOTS Sinonim adalah persamaan arti/makna kata walau berbeda tulisan. Contoh: sinar dan cahaya, pintar dan cerdas. Ali membeli sebuah buku tentang Tutorial Cara Pengarsipan Data Perkantoran. Kata "Cara" memiliki sinonim dengan.... SOAL BAHASA INDONESIA HOTS a. Penjelas b. gaya c. Prosedur d. Presiden e.