Langsung ke konten utama

SOAL SEJARAH UJIAN AKHIR SEMESTER - PAS 2021

SOAL SEJARAH UJIAN AKHIR SEMESTER 

SOAL SEJARAH UJIAN AKHIR SEMESTER

Topik: Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Eropa

Subtopik: Perkembangan Kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia

1. Pelaksanaan Politik Etis di Hindia Belanda bukannya tanpa perlawanan. Hal tersebut terlihat dari kritik yang disampaikan Ernest Douwes Dekker yang berisi....

  1. Politik Etis hanya merupakan perluasan bentuk dari komersialisasi politik ekonomi liberal yang dilaksanakan sebelumnya
  2. tuntutan yang harusnya mendapat perlakuan tidak hanya pribumi tetapi untuk semua penduduk Hindia Belanda
  3. praktek Politik Etis masih menunjukkan diskriminasi seperti yang terlihat dalam bidang edukasi (pendidikan)
  4. anggapan bahwa Politik Etis hanya menguntungkan pihak swasta Belanda dalam mendapatkan tenaga terampil yang murah
  5. pelaksanaan Politik Etis yang tidak menyeluruh di segala bidang dan tidak sesuai dengan penderitaan rakyat pribumi selama pendudukan Belanda

Jawaban: B

Pembahasan:

Pelaksanaan Politik Etis dirasa kurang tepat dan menyeluruh menurut Ernest Douwes Dekker karena beberapa program yang terdapat dalam kebijakan tersebut hanya ditujukan untuk kaum pribumi sedangkan untuk orang- orang campuran (indo) terabaikan. Contohnya dalam pendidikan, kaum campuran tidak dapat menikmati beberapa jenjang pendidikan dan mengharuskan ke luar negeri jika ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

SOAL SEJARAH UJIAN AKHIR SEMESTER

Topik: Indonesia Masa Praaksara

Subtopik: Hasil dan Nilai Budaya Masyarakat

2. Faktor yang paling berperan dalam perkembangan kehidupan masyarakat pada masa Mesolitikum lebih cepat dibandingkan dengan masa Paleolitikum...

  1. beragamnya alat yang digunakan manusia pendukung masa itu yang menunjang kehidupannya
  2. berkembangnya teknologi perundagian yang semakin mempermudah manusia dengan variasi peralatan dari beragam bahan
  3. kemampuan otak manusia pendukung kebudayaan ini sehingga alat-alat lebih beragam
  4. manusia pendukung masa tersebut lebih mengerti pemanfaatan teknologi lebih baik
  5. munculnya manusia purba Homo Sapiens yang dikenal sebagai manusia cerdas

Jawaban: C

Pembahasan:

Perkembangan masa praaksara ditunjang oleh faktor internal dan eksternal. Berdasarkan faktor internal, kehidupan masyarakat Mesolitikum lebih cepat dibandingkan masyarakat Paleolitikum sebab otak manusia pada masa itu sudah mulai berkembang. Sementara berdasarkan faktor eksternal, kondisi alam masa Mesolitikum jauh lebih stabil dibandingkan dengan masa sebelumnya.

SOAL SEJARAH UJIAN AKHIR SEMESTER

Topik: Pendudukan Jepang di Indonesia

Subtopik: Kedatangan Jepang

3. Yang merupakan wilayah militer Jepang di Indonesia saat menguasai Indonesia adalah tentara....

  1. XXII/ Rikugun Bali
  2. II/ Kaigun Makassar
  3. XXV/ Rikugun Jakarta
  4. II/ Kaigun Sumatera Barat
  5. XVI/ Kaigun Sumatera Utara

Jawaban: B

Pembahasan:

Salah satu usaha Jepang di Indonesia untuk mempertahankan wilayah kekuasaannya adalah dengan membentuk pusat militer di Indonesia, yang terbagi dalam 3 wilayah militer, yaitu:

  • Pemerintahan militer Angkatan Darat (Tentara ke-25) untuk Sumatera dengan pusatnya di Bukittinggi.
  • Pemerintahan militer Angkatan Darat (Tentara ke-16) untuk Jawa-Madura dengan pusatnya di Jakarta.
  • Pemerintahan militer Angkatan Laut (Armada Selatan ke-2) untuk daerah Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku dengan pusatnya di Makassar.
SOAL SEJARAH UJIAN AKHIR SEMESTER


BACA JUGA:

 

Komentar

KUMPULAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER, AKHIR SEMESTER DAN MATERI PELAJARAN

Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku

Analisis Isi Teks Anekdot   Cara Keledai Membaca Buku Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku Anekdot adalah cerita singkat yang mengisahkan tentang tokoh dalam kehidupan nyata dengan latar yang sebenarnya. Namun penyampaian teks anekdot diceritakan dengan gaya jenaka/lucu/humor. Contoh teks anekdot adalah cara keledai membaca buku. Di mana seperti kita tahu bahwa hewan termasuk keledai tidak bisa membaca. Analisis isi teks anekdot Cara Keledai Membaca Buku meliputi masalah yang dibahas, unsur humor, dan makna tersirat yang disampaikan. Apa masalah yang di bahas pada teks anekdot  Cara Keledai Membaca Buku ? Apa unsur humor yang terdapat dalam teks anekdot tersebut? Apa makna tersirat yang disampaikan?     Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku Analisis isi pokok teks anekdot  Cara Keledai Membaca Buku  yang meliputi masalah yang dibahas, unsur humor, dan makna tersirat yang disampaikan.   Masalah yang di bahas  dalam cerita  Cara Keledai Memba

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11 BACA JUGA: Label SOAL PILIHAN GANDA PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11 1. Menurut bahasa pengertian Ilmu Kalam adalah.... A. Perkataan dan percakapanB. Percakapan dan pengetahuan C. Percakapan-percakapan D. Pengetahuan-pengetahuan E. Pengetahuan tentang keyakinan 2. Ilmu ini membahas tentang pokok-pokok agama Islam yakni akidah-akidah Islam, maka disebut .... A. Ilmu Tauhid                                                             D. Ilmu Usuluddin B. Ilmu Akaid                                                                E. Fiqih Akbar C. Ilmu Kalam 3. Ilmu ini membahas tentang keesaan Allah baik zat, sifat, maupun afal-Nya, disebut .... A. Ilmu Tauhid D. Ilmu Usuluddin B. Ilmu Akoid E. Fiqih Akbar C. Ilmu kalam 4. Termasuk fungsi Ilmu Kalam adalah, kecuali.... A. Menolak akidah sesat                                    D. Menjelaskan akidah Islam B. Memperkuat akidah Islam                          

ULANGAN HARIAN QURDIS KELAS 8 MTs

Bismillahirrohmanirrohiim ULANGAN HARIAN ilmusumbercahaya.blogspot.com - Untuk mengasah dan mengetahui sejauh mana pengetahuan kalian selama belajar BDR, kalian kerjakan soal dibawah ini.... A.    Pilihan Ganda 1.     Dibaca Mad Layyin jika bertemu dengan dua huruf mad yaitu  .... a. wau dan alif b. alif dan ya’ c.  wau dan sa’ d. wau dan ya’ 2.     Sebelum Mad LAyyin biasanya ada yang berharkat  .... a. sukun b. fathah c.  kasrah d. dhommah 3.     Kata Layyin berasal dari bahasa arab yang memiliki makna  .... a. keras b. lembut c.  lunak d. tipis 4.     Dibawah ini yang termasuk contoh Mad Arid lissukun adalah  .... a.  لاَ تُظْلَمُوْنَ b.  الحولُ c.   ذَهبُوْا d.  أرَأيتَ 5.     Letak Mad Arid Lissukun berada  .... a. Diawal Ayat b. Ditengah Ayat c.  Setelah Ayat d. Diakhir Ayat 6.     Kata  خَالِدُوْنَ  termasuk contoh  .... a. Mad Badal Tamkin b. Mad Arid Lissukun c.  Mad Layyin tawil d. Mad Iwad 7.     Dalam bacaan mad iwad tanwin dibaca  .... a. jelas dan tartil b. samar-samar di