ULANGAN HARIAN
a. wau dan alif | b. alif dan ya’ | c. wau dan sa’ | d. wau dan ya’ |
a. sukun | b. fathah | c. kasrah | d. dhommah |
a. keras | b. lembut | c. lunak | d. tipis |
a. لاَ تُظْلَمُوْنَ | b. الحولُ | c. ذَهبُوْا | d. أرَأيتَ |
a. Diawal Ayat | b. Ditengah Ayat | c. Setelah Ayat | d. Diakhir Ayat |
a. Mad Badal Tamkin | b. Mad Arid Lissukun | c. Mad Layyin tawil | d. Mad Iwad |
a. jelas dan tartil b. samar-samar dimulut | c. tidak berbunyi tanwin lagi d. tidak dibaca senyap |
a. mad badal | b. mad iwad | c. mad tamkin | d. mad thabii |
a. mad tepat | b. mad penerus | c. mad penggati | d. mad ganti tanwin |
a. mad iwad | b. mad tabii | c. mad badal | d. mad tamkin |
a. Orang-orang Quraish yang pergi ke Yaman b. Karena kebiasaan orang-orang Quraish | c. Maka hendaklah mereka menyembah d. Yaitu pergi pada musim dingin dan panas |
a. رحلت الشتاء والصّيف | b. فليعبدوا ربّ هذا | c. أطعمهمْ منْ جوع | d. وآمنَهمْ منْ خوف |
a. kami telah melapangkan b. kami telah menyempitkan | c. kami telah melebarkan d. kami telah menahannya |
a. عنك وزرك | b. انك وزرك | c. قضا ظهرك | d. لك ذكرك |
a. Quraish | b. Badui | c. Kurdhi | d. Turki |
a. Yaman | b. Syam | c. Syiria | d. Turki |
a. Yaman | b. Syiria | c. Turki | d. Lebanon |
a. ditakuti dan disegani | b. dikhianati dan dijauhi | c. disegani dan dihormati | d. diteladani dan dihormati |
a. 104 | b. 105 | c. 106 | d. 107 |
a. 5 ayat | b. 6 ayat | c. 7 ayat | d. 8 ayat |
a. Madaniyyah | b. Makiyyah | c. Al-Maidah | d. Al-Furqon |
a. Rizqi yang diberikan Allah SWT b. Anugrah yang diberikan | c. Ni’mat-ni’mat Allah SWT d. kemudahan rizqi |
a. Melapangkan dada Nabi Muhammad SAW b. Menurunkan beban Nabi | c. Memberatkan punggung d. meninggikan sebutan nama |
a. Menjalankan hidup dengan santai b. Mensyukuri ni’mat Allah | c. Menyombongkan diri d. Menjadi beban bagi orang lain |
a. dan berqurbanlah | b. ni’mat yang banyak | c. yang terputus | d. maka laksanakan sholat |
a. الكوثرَ | b. وانحرْ | c. فصلّ | d. الأبتر ْ |
a. فصلّ لربكَ | b. لربّكَ | c. إنّشانئك | d. إنّآاعطينك |
a. صلاتهم ساهون | b. ويمنعون الماعون | c. يدع اليتيم | d.يكذبّ بالدّين |
a. فذلك الّذي | b. ولايحضّ على | c. الّذين همْ | d. أرأيت |
a. membentak anak yatim b. member makan fakir miskin | c. memberikan bantuan d. menganjurkan shalat |
a. orang-orang lalai | b. bersikap sombong | c. barang-barang berguna | d. yang berbuat ria |
a. Bersifat adil dan lemah lembut b. lalai dalam melaksanakan sholat | c. sholat yang dilakukan itu riya d. kikir dan tidak mau memberi bantuan |
a. melepaskan | b. menutupi | c. menolong | d. member |
a. selama | b. seperti | c. sedang | d. selesai |
a. Abu Hurairah | b. Bukhori Muslim | c. Imam Muslim | d. Mutafaq Alaih |
a. suka membanggakan harta b. suka menghambur-hamburkan harta | c. suka melepaskan kesusahan sesama muslim d. suka bekerja keras dan melipakan ibadah kepada Allah |
a. peduli | b. mulia | c. dianjurkan | d. ditekankan |
a. Thabrani | b. Baihaqi | c. Muslim | d. Imam Bukhori |
a. keinginanya | b. keperluaanya | c. siksa neraka | d. laknat dan azab |
a. Dijaga sampai habis b. Digunakan modal untuk dagang yang tidak berguna | c. Dihabiskan untuk kepentingan yang mengurus d. Dihambur-hamburkan |
38. Bacaan panjang ketika ada tanwin fathah atau
fathatain dibaca waqaf (berhenti) pada akhir kalimat, baik berhenti karena
terdapat tanda waqaf atau karena kehabisan nafas adalah pengertian mad….
A. Badal
B. Layyin
C. iwaḍ
D. Tamkin
39.
Adinda membaca QS. Al- Quraisy. Setiap berhenti membaca di akhir ayat, Adinda
harus membaca yang benar sesuai hukum bacaan…
A. badal
B. ariḍ lissukun
C. ṭabii
D. layyin
40. Revaldo adalah siswa madrasah yang suka berbagi pengetahuan.
Suatu hari ia menjelaskan kepada teman sebangkunya bahwa apabila terdapat mad
thabi‟i di akhir ayat atau ditengah ayat yang diikuti huruf hidup kemudian
dibaca waqaf maka dapat dibaca panjang maksimal enam harokat. Dalam hal ini
Revaldo menjelaskan tentang mad….
A. Mad ṭabi’i
B. Mad layyin
C. Mad ‘ariḍ
lissukun
D. Mad ‘iwaḍ
30. Dalam QS. al- Baqarah (2): 261 Allah Swt,
menjanjikan pahala berlipat ganda bagi orang-orang yang….
A. infak
B. zakat
C. żikir
D. doa
31. Berdasarkan Q.S al-Fajr ayat15-16, manusia dalam
menghadapi kehidupan ini seharusnya bersikap …
A. bertaubat kepada Allah SWT
B. bersyukur dan bersabar
C. berpoya-poya jika
diberi harta
D. beribadah siang
dan malam
32. Perhatikan QS. Al-Quraisy (106) : 3 berikut!
فَلْيَعْبُدُوا۟ رَبَّ هَٰذَا ٱلْبَيْتِ
Hukum
bacaan pada akhir ayat tersebut adalah….
- Mad iwaḍ
- B. Mad ṭabii
- Mad layyin
- Mad ariḍ
lissukun
33. Perhatikan hadis berikut!
اللَّهُمَّ
أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ
مُمْسِكًا تَلَفًا
Arti kalimat yang bergaris bawah adalah….
A. kikir
B. penawar
C. pengganti
D. bakhil
34. Malaikat mendo‘akan orang-orang yang menahan
hartanya dengan do‘a....
A. مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ
B. اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا
C. اللَّهُمَّ
أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
D. إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ
35. Perhatikan hadis berikut!
اللَّهُمَّ
أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
Arti kata yang bergaris bawah adalah….
A. pengganti
B. kehancuran
C. kekecewaan
D. bakhil
36. “Maka adapun manusia, apabila Tuhan mengujinya
lalu memuliakannya dan diberinya kesenangan, Maka dia berkata: "Tuhanku
telah memuliakanku". Adalah arti dari….
A. فَاَمَّا
الْاِنْسَانُ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ رَبُّهٗ فَاَكْرَمَهٗ وَنَعَّمَهٗۙ فَيَقُوْلُ
رَبِّيْٓ اَكْرَمَنِۗ
B. وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ
فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ
C. كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُوْنَ الْيَتِيْمَۙ
D. وَلَا تَحٰۤضُّوْنَ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِۙ
37. Perhatikan ayat berikut!
كَلَّا ۖ
بَل لَّا تُكْرِمُونَ ٱلْيَتِيمَ
Arti
yang tepat dari ayat tersebut adalah….
- Maka dia berkata: "Tuhanku telah memuliakanku
- maka dia berkata: "Tuhanku telah menghinakanku
- Sekali-kali tidak!, bahkan kamu tidak memuliakan anak
yatim
- Dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang
miskin
Komentar
Posting Komentar