Langsung ke konten utama

ULANGAN HARIAN QURDIS KELAS 8 MTs

Bismillahirrohmanirrohiim

ULANGAN HARIAN


ilmusumbercahaya.blogspot.com - Untuk mengasah dan mengetahui sejauh mana pengetahuan kalian selama belajar BDR, kalian kerjakan soal dibawah ini....

A.  Pilihan Ganda

1.   Dibaca Mad Layyin jika bertemu dengan dua huruf mad yaitu ....
a. wau dan alif
b. alif dan ya’
c.  wau dan sa’
d. wau dan ya’

2.   Sebelum Mad LAyyin biasanya ada yang berharkat ....
a. sukun
b. fathah
c.  kasrah
d. dhommah

3.   Kata Layyin berasal dari bahasa arab yang memiliki makna ....
a. keras
b. lembut
c.  lunak
d. tipis

4.   Dibawah ini yang termasuk contoh Mad Arid lissukun adalah ....
a. لاَ تُظْلَمُوْنَ
b. الحولُ
c.  ذَهبُوْا
d. أرَأيتَ

5.   Letak Mad Arid Lissukun berada ....
a. Diawal Ayat
b. Ditengah Ayat
c.  Setelah Ayat
d. Diakhir Ayat

6.   Kata خَالِدُوْنَ termasuk contoh ....
a. Mad Badal Tamkin
b. Mad Arid Lissukun
c.  Mad Layyin tawil
d. Mad Iwad

7.   Dalam bacaan mad iwad tanwin dibaca ....
a. jelas dan tartil
b. samar-samar dimulut
c.  tidak berbunyi tanwin lagi
d. tidak dibaca senyap

8.   Kata سُجَّداً termasuk contoh ....
a. mad badal
b. mad iwad
c.  mad tamkin
d. mad thabii

9.   Mad badal secara lughowi memiliki arti ....
a. mad tepat
b. mad penerus
c.  mad penggati
d. mad ganti tanwin

10.  Kata آمَنُوا  termasuk contoh ....
a. mad iwad
b. mad tabii
c.  mad badal
d. mad tamkin

11.  لإيلفِ قُرَيْشٍ  ter jemahan ayat tersebut adalah ...
a. Orang-orang Quraish yang pergi ke Yaman
b. Karena kebiasaan orang-orang Quraish
c.  Maka hendaklah mereka menyembah
d. Yaitu pergi pada musim dingin dan panas

12.  إلفِهمْ . . .   kelanjutan ayat tersebut adalah ....
a. رحلت الشتاء والصّيف
b. فليعبدوا ربّ هذا
c.  أطعمهمْ منْ جوع
d.  وآمنَهمْ منْ خوف

13.   Apa arti dari kata نشرحْ  . . . .
a. kami telah melapangkan
b. kami telah menyempitkan
c.  kami telah melebarkan
d. kami telah menahannya

14.  ووضعنا . . . .    kelanjutan ayat tersebut adalah ....
a. عنك وزرك
b. انك وزرك
c.  قضا ظهرك
d. لك ذكرك

15.   Suku yang mendapat kerhormatan untuk merawat Ka’bah adalah ....
a. Quraish
b. Badui
c.  Kurdhi
d. Turki

16.  Bangsa Quraish pada musim dingin mengerahkan rombongan ke Negeri ....
a. Yaman
b. Syam
c.  Syiria
d. Turki

17.  Pada musim panas Bangsa Quraish mengerakan rombongannya ke Negeri .... 
a. Yaman
b. Syiria
c.  Turki
d. Lebanon

18.  Kaum Quraish dikenal sejarah sebagai kaum yang ....
a. ditakuti dan disegani
b. dikhianati dan dijauhi
c.  disegani dan dihormati
d. diteladani dan dihormati

19.  Surah Al-Quraish adalah surah ke ....
a. 104
b. 105
c.  106
d. 107

20.  Surah Al-Insyiroh terdiri dari ....
a.  5 ayat
b. 6 ayat
c.  7 ayat
d. 8 ayat

21.  Surah Al-Insyiroh termasuk kedalam golongan surah ....
a. Madaniyyah
b. Makiyyah
c.  Al-Maidah
d. Al-Furqon




22. Diantara pokok isi kandungan Al-Insyiroh menegaskan tentang ...
a. Rizqi yang diberikan Allah SWT
b. Anugrah yang diberikan
c.  Ni’mat-ni’mat Allah SWT
d. kemudahan rizqi

23.  Ayat pertama surah Al-Insyiroh menerangkan bahwa Allah SWT ....
a. Melapangkan dada Nabi Muhammad SAW
b. Menurunkan beban Nabi
c.  Memberatkan punggung
d. meninggikan sebutan nama

24.  Yang dapat dijadikan pelajaran dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dari surah Al-Insyiroh adalah ....
a. Menjalankan hidup dengan santai
b. Mensyukuri ni’mat Allah
c.  Menyombongkan diri
d. Menjadi beban bagi orang lain

25.  Arti dari kata  فصلّ ialah ....
a. dan berqurbanlah
b. ni’mat yang banyak
c.  yang terputus
d. maka laksanakan sholat

26.  إنّاآعطينك . . . . 
Kelanjutan potongan ayat diatas adalah ....
a. الكوثرَ
b. وانحرْ
c.  فصلّ
d.  الأبتر ْ

27.  . . . . هو الأبتر 
kata sebelum potongan ayat diatas, adalah ....
a. فصلّ لربكَ
b. لربّكَ
c.  إنّشانئك
d.   إنّآاعطينك

28. أريت الذي . . . .       
Kelanjutan dari ayat diatas adalah ....
a. صلاتهم ساهون
b. ويمنعون الماعون
c.  يدع اليتيم
d.يكذبّ بالدّين 

29.   . . . . طعام المسكين
Potongan ayat diatas adalah ....
a. فذلك الّذي
b. ولايحضّ على
c.  الّذين همْ
d. أرأيت

30.   Salah satu cirri orang yang mendustakan agama adalah . . . .
a. membentak anak yatim
b. member makan fakir miskin
c.  memberikan bantuan
d. menganjurkan shalat

31.  Kalimat Al-Maun yang berarti ....
a. orang-orang lalai
b. bersikap sombong
c.  barang-barang berguna
d. yang berbuat ria

32.  Diantara ciri-ciri orang yang benar-benar percaya kepada agama adalah ....
a. Bersifat adil dan lemah lembut
b. lalai dalam melaksanakan sholat
c.  sholat yang dilakukan itu riya
d. kikir dan tidak mau memberi bantuan

33.  Apa arti dari kata نَفْسَى  . . . .
a. melepaskan
b. menutupi
c.  menolong
d. member

34.  Apa arti dari kata ماكان . . . .
a. selama
b. seperti
c.  sedang
d. selesai

35.  Hadits tentang tolong menolong diriwayatkan oleh ....
a. Abu Hurairah
b. Bukhori Muslim
c.  Imam Muslim
d. Mutafaq Alaih

36.  Allah akan melepaskan kesusahan seseorang pada hari kiamat, yaitu orang yang ....
a. suka membanggakan harta
b. suka menghambur-hamburkan harta
c.  suka melepaskan kesusahan sesama muslim
d. suka bekerja keras dan melipakan ibadah kepada Allah

37.  Merawat, mengurus dan mencintai anak yatim merupakan perbuatan ....
a. peduli
b. mulia
c.  dianjurkan
d. ditekankan

38.  Hadits yang pertama tentang mencintai anak yatim diriwayatkan oleh ....        
a. Thabrani
b. Baihaqi
c.  Muslim
d. Imam Bukhori

39.  Orang yang membiarkan anak yatim dalam keadaan terlantar, dan menderita pasti akan memperoleh....
a. keinginanya
b. keperluaanya
c.  siksa neraka
d. laknat dan azab

40.  Bagi anak yatim yang memiliki harta benda(warisan) dari orang tuanya, maka harta itu harus ....
a. Dijaga sampai habis
b. Digunakan modal untuk dagang yang tidak berguna
c.  Dihabiskan untuk kepentingan yang mengurus
d. Dihambur-hamburkan



SOAL ESSAY
cara download: https://youtu.be/lE8wzbZdSoU





38.  Bacaan panjang ketika ada tanwin fathah atau fathatain dibaca waqaf (berhenti) pada akhir kalimat, baik berhenti karena terdapat tanda waqaf atau karena kehabisan nafas adalah pengertian mad….

A. Badal

B. Layyin

C. iwaḍ

D. Tamkin

            39.  Adinda membaca QS. Al- Quraisy. Setiap berhenti membaca di akhir ayat, Adinda harus membaca yang benar sesuai hukum bacaan…

A. badal

B. ariḍ lissukun

C. ṭabii

D. layyin

40.  Revaldo adalah siswa madrasah yang suka berbagi pengetahuan. Suatu hari ia menjelaskan kepada teman sebangkunya bahwa apabila terdapat mad thabi‟i di akhir ayat atau ditengah ayat yang diikuti huruf hidup kemudian dibaca waqaf maka dapat dibaca panjang maksimal enam harokat. Dalam hal ini Revaldo menjelaskan tentang mad….

A. Mad ṭabi’i

B. Mad layyin

C. Mad ‘ariḍ lissukun

D. Mad ‘iwaḍ

30.   Dalam QS. al- Baqarah (2): 261 Allah Swt, menjanjikan pahala berlipat ganda bagi orang-orang yang….  

A. infak

B. zakat

C. żikir

D. doa

 

31. Berdasarkan Q.S al-Fajr ayat15-16, manusia dalam menghadapi kehidupan ini seharusnya bersikap …

A. bertaubat kepada Allah SWT

B. bersyukur dan bersabar

C.  berpoya-poya jika diberi harta

D.  beribadah siang dan malam

32. Perhatikan QS. Al-Quraisy (106) : 3 berikut!

 فَلْيَعْبُدُوا۟ رَبَّ هَٰذَا ٱلْبَيْتِ

Hukum bacaan pada akhir ayat tersebut adalah….

 

  1. Mad iwaḍ
  2. B. Mad ṭabii
  3. Mad layyin
  4. Mad ariḍ lissukun

33.  Perhatikan hadis berikut!
اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
Arti kalimat yang bergaris bawah adalah….

A. kikir

B. penawar

C. pengganti

D. bakhil

 

34.  Malaikat mendo‘akan orang-orang yang menahan hartanya dengan do‘a....

A. مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ

B. اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا

C. اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

D. إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ

 

35.  Perhatikan hadis berikut!
اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
Arti kata yang bergaris bawah adalah….

A. pengganti

B. kehancuran

C. kekecewaan

D. bakhil

 

36.  “Maka adapun manusia, apabila Tuhan mengujinya lalu memuliakannya dan diberinya kesenangan, Maka dia berkata: "Tuhanku telah memuliakanku". Adalah arti dari….

A. فَاَمَّا الْاِنْسَانُ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ رَبُّهٗ فَاَكْرَمَهٗ وَنَعَّمَهٗۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَكْرَمَنِۗ

B. وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ

C. كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُوْنَ الْيَتِيْمَۙ

D. وَلَا تَحٰۤضُّوْنَ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِۙ

 

37.  Perhatikan ayat berikut!
كَلَّا ۖ بَل لَّا تُكْرِمُونَ ٱلْيَتِيمَ

Arti yang tepat dari ayat tersebut adalah….

 

  1. Maka dia berkata: "Tuhanku telah memuliakanku
  2. maka dia berkata: "Tuhanku telah menghinakanku
  3. Sekali-kali tidak!, bahkan kamu tidak memuliakan anak yatim
  4. Dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin



Komentar

KUMPULAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER, AKHIR SEMESTER DAN MATERI PELAJARAN

Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku

Analisis Isi Teks Anekdot   Cara Keledai Membaca Buku Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku Anekdot adalah cerita singkat yang mengisahkan tentang tokoh dalam kehidupan nyata dengan latar yang sebenarnya. Namun penyampaian teks anekdot diceritakan dengan gaya jenaka/lucu/humor. Contoh teks anekdot adalah cara keledai membaca buku. Di mana seperti kita tahu bahwa hewan termasuk keledai tidak bisa membaca. Analisis isi teks anekdot Cara Keledai Membaca Buku meliputi masalah yang dibahas, unsur humor, dan makna tersirat yang disampaikan. Apa masalah yang di bahas pada teks anekdot  Cara Keledai Membaca Buku ? Apa unsur humor yang terdapat dalam teks anekdot tersebut? Apa makna tersirat yang disampaikan?     Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku Analisis isi pokok teks anekdot  Cara Keledai Membaca Buku  yang meliputi masalah yang dibahas, unsur humor, dan makna tersirat yang disampaikan.   Masalah yang di bahas  dalam cerita  Cara Keledai Memba

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11 BACA JUGA: Label SOAL PILIHAN GANDA PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11 1. Menurut bahasa pengertian Ilmu Kalam adalah.... A. Perkataan dan percakapanB. Percakapan dan pengetahuan C. Percakapan-percakapan D. Pengetahuan-pengetahuan E. Pengetahuan tentang keyakinan 2. Ilmu ini membahas tentang pokok-pokok agama Islam yakni akidah-akidah Islam, maka disebut .... A. Ilmu Tauhid                                                             D. Ilmu Usuluddin B. Ilmu Akaid                                                                E. Fiqih Akbar C. Ilmu Kalam 3. Ilmu ini membahas tentang keesaan Allah baik zat, sifat, maupun afal-Nya, disebut .... A. Ilmu Tauhid D. Ilmu Usuluddin B. Ilmu Akoid E. Fiqih Akbar C. Ilmu kalam 4. Termasuk fungsi Ilmu Kalam adalah, kecuali.... A. Menolak akidah sesat                                    D. Menjelaskan akidah Islam B. Memperkuat akidah Islam