Langsung ke konten utama

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

BACA JUGA: Label

SOAL PILIHAN GANDA

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

1. Menurut bahasa pengertian Ilmu Kalam adalah....
A. Perkataan dan percakapanB. Percakapan dan pengetahuan
C. Percakapan-percakapan
D. Pengetahuan-pengetahuan
E. Pengetahuan tentang keyakinan

2. Ilmu ini membahas tentang pokok-pokok agama Islam yakni akidah-akidah Islam, maka disebut ....
A. Ilmu Tauhid                                                 D. Ilmu Usuluddin
B. Ilmu Akaid                                                   E. Fiqih Akbar
C. Ilmu Kalam

3. Ilmu ini membahas tentang keesaan Allah baik zat, sifat, maupun afal-Nya, disebut ....
A. Ilmu Tauhid D. Ilmu Usuluddin
B. Ilmu Akoid E. Fiqih Akbar
C. Ilmu kalam
4. Termasuk fungsi Ilmu Kalam adalah, kecuali....
A. Menolak akidah sesat                             D. Menjelaskan akidah Islam
B. Memperkuat akidah Islam                      E. Melemahkan akidah Islam
C. Membela akidah Islam

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

6. Berikut ini adalah sebutan lain dari Ilmu Kalam, kecuali.....
A. Filsafat                                                     D. Tauhid
B. Ushuluddin                                               E. qo’id
C. Theology

7. Adanya ungkapan dalam Alquran yang mendorong penggunaan akal antara lain ...
A. Tadabbur, Tafakkur, Taklid D. Taklid, Tadabbur, Idba
B. Tafakkur, tadabbur, taaqqul E. Tafakkur, Tadabbur, Taklid
C. Taaqqul, Tadabbur, Idba

8. Berikut ini adalah yang membedakan antara Theology Islam dengan Filsafat.....
A. Theology berpijak pada akal pikiran
B. Filsafat berpijak pada wahyu
C. Sama-sama berpijak pada akal dan wahyu
D. Theology berpijak pada wahyu dan akal sedang βilsafat berpijak pada akal semata
E. Filsafat dipelajari oleh seluruh golongan, sementara teology hanya dipelajari oleh orang Islam saja

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

9. Di bawah ini beberapa kalimat yang menunjukkan adanya titik singgung / hubungan antara tasawuf dan ilmu kalam, kecuali ...
A. Taswuf adalah benteng rohani
B. Ilmu tasawuf berfungsi sebagai pemberi kesadaran rohaniyah dalam perdebatan-
perdebatan kalam
C. Ilmu kalam adalah pengendali ilmu tasawuf
D. Ilmu tasawuf adalah penyempurna dari ilmu tauhid / kalam
E. Antara tasawuf dan ilmu kalam mempunyai bahan kajian sendiri-sendiri

10. Pernyataan di bawah ini yang merupakan sifat kajian ilmu kalam yang
bersifat internal adalah ....
A. menselaraskan antara ilmu-ilmu agama dengan ilmu-ilmu umum
B. menjaga kaidah-kaidah agama dari serangan musuh-musuh Islam
C. menjaga keutuhan agama dan negara dari pertikaian politik
D. memberikan bimbingan (seruan) kepada kaum mukmin agar keluar taklid dan
mengembangkan pengetahuan dengan dalil yang kuat.
E. mengembangkan ilmu βilsafat dan agama secara bersamaan

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11


SOAL ESSAY 

1. Tulislah gambaran situasi yang terjadi pada saat menjelang dan setelah terjadinya tahkīm.

2. Mu’awiyah tidak membaiat Ali bin Abi Ṭālib dengan alasan persoalan pengusutan terbunuhnya Utsman bin Affan itu harus dituntaskan dulu, sehingga Mu’awiyah menuntut kepada Ali bin Abi Ṭālib untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Ali bin Abi Ṭālib sebenarnya sudah berusaha maksimal untuk menyelesaikan kasus tersebut, namun belum berhasil. Hal itulah yang menjadi titik tolak terjadinya perang Ṣiffin. Tulislah sikap Saudara apabila menghadapi persoalan yang demikian itu?

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11


                           PENILAI AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK KELAS 10


3. Diantara dampak dari perbedaan pendapat yang diselesaikan dengan peperangan adalah terjadinya bunuh-membunuh diantara umat Islam. Sebagaimana diketahui bahwa membunuh adalah termasuk dosa besar. Dalam hal ini, muncullah permasalahan yang berkaitan dengan hukum orang mukmin yang melakukan dosa besar tersebut. Isu tersebut diangkat oleh mutakallimin generasi awal untuk dijadikan
bahan perdebatan. Sebagian berpendapat bahwa orang mukmin yang melakukan dosa besar dihukumi telah keluar dari Islam, sehingga dihukumi kafir. Adapun yang lain berpendapat bahwa orang mukmin yang melakukan dosa besar bukanlah kafir, tetapi juga bukan mukmin tetapi fasik. Mengapa mereka berbeda pendapat dalam menghukumi permasalahan yang sama? Lakukan analisis terhadap pendapat tersebut dengan analisis yang tajam!

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11


4. Ada aliran kalam yang berpendapat bahwa pada hakikatnya manusia tidak mempunyai daya untuk melakukan suatu perbuatan. Begitu juga, manusia tidak mempunyai kesempatan untuk memilih jalan hidupnya. Manusia hanya menjalankan ketentuan yang sudah dibuat Tuhan. Mengapa mereka berpendapat demikian?


PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

5. Manusia tidak mempunyai hak untuk menghukumi perbuatan manusia. Yang berhak menghukumi manusia adalah Allah, yaitu pada yaumul mizan di akhirat nanti. Bagaimana dampak dari doktrin ajaran ini?

UNTUK PILIHAN GANDA SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI 




BACA JUGA:

cara melewati dan membuka file adf.ly








contoh soal - soal 










BAB 1

A. Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas!


1. Kebijakan birokrasi yang dilakukan Utsman bin Affan memicu ketidakpuasan sebagian umat Islam, sehingga terjadilah pemberontakan yang mengakibatkan terbunuhnya Utsman bin Affan yang dalam sejarah Islam dikenal dengan kejadian al - fitnah al-kubra. Dari kejadian inilah kemudian memicu perpecahan Islam. Analisislah kejadian tersebut sehingga dapat memicu perpecahan umat Islam!


PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

2. Pada saat perang Ṣiffin, pasukan Ali bin Abi Ṭālib hampir mendapatkan kemenangan, namun pada saat itu ada tawaran damai yang disampaikan oleh Mu’awiyah bin Abi Shufyan yaitu dengan perundingan atau tahkīm. Pada awalnya, Ali bin Abi Ṭālib enggan menerima tawaran tersebut. Namun karena adanya desakan yang kuat dari sebagian anggota pasukannya, maka akhirnya Ali bin Abi Ṭālib menerima tawaran perundingan tersebut. Mengapa Ali bin Abi Ṭālib menerima usulan diadakannya
tahkīm? berilah alasan yang kuat!

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

3. Diantara alasan Mu’awiyah bin Abu Shufyan tidak berbaiat kepada Ali bin Abi Ṭālib adalah adanya kekhawatiran hilangnya Jabatan gubernur di Damaskus yang dipegangnya sejak pemerintahan Khalifah Umar bin Khaṭab. Kemudian merembet kepada tuntutan kepada Ali bin Abi Ṭālib untuk mengungkap dan mencari pembunuh Utsman bin Affan, sehingga terjadilah perang Ṣiffin. Kritisilah permasalahan tersebut sehingga jelas pokok persoalan yang menyebabkan terjadinya perpecahan di kalangan umat Islam!


PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

4. Diantara pasukan Ali bin Abi Ṭālib ada yang tidak menerima hasil tahkīm. Namun dalam perkembangannya, kelompok ini tidak hanya memusuhi kelompok Ali bin Abi Ṭālib tetapi juga memusuhi kelompok Mu’awiyah. Mengapa demikian, berilah alasan yang kuat!


PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

5. Perang Ṣiffin sangat merugikan kelompok Ali bin Abi Ṭālib. Namun demikian, diantara pendukungnya ada yang tetap setia kepada Ali bin Abi Ṭālib . Mengapa mereka tetap setia kepada Ali bin Abi Ṭālib ?



BAB II

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

A. Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Diantara dampak dari perbedaan pendapat yang diselesaikan dengan peperangan adalah terjadinya bunuh-membunuh diantara umat Islam. Sebagaimana diketahui bahwa membunuh adalah termasuk dosa besar. Dalam hal ini, muncullah permasalahan yang berkaitan dengan hukum orang mukmin yang melakukan dosa besar tersebut. Isu tersebut diangkat oleh mutakallimin generasi awal untuk dijadikan
bahan perdebatan. Sebagian berpendapat bahwa orang mukmin yang melakukan dosa besar dihukumi telah keluar dari Islam, sehingga dihukumi kafir. Adapun yang lain berpendapat bahwa orang mukmin yang melakukan dosa besar bukanlah kafir, tetapi juga bukan mukmin tetapi fasik. Mengapa mereka berbeda pendapat dalam menghukumi permasalahan yang sama? Lakukan analisis terhadap pendapat tersebut dengan analisis yang tajam!

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

2. Ada aliran kalam yang berpendapat bahwa pada hakikatnya manusia tidak mempunyai daya untuk melakukan suatu perbuatan. Begitu juga, manusia tidak mempunyai kesempatan untuk memilih jalan hidupnya. Manusia hanya menjalankan ketentuan yang sudah dibuat Tuhan. Mengapa mereka berpendapat demikian?



BACA JUGA:


PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

3. Manusia tidak mempunyai hak untuk menghukumi perbuatan manusia. Yang berhak menghukumi manusia adalah Allah, yaitu pada yaumul mizan di akhirat nanti. Bagaimana dampak dari doktrin ajaran ini?


PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

4. Dalam hal melihat Tuhan dengan mata kepala di akhirat, para mutakallimin berselisih pendapat. Sebagian berpendapat bahwa Tuhan tidak dapat dilihat manusia dengan mata kepala. Sebagian yang lain berpendapat bahwa Tuhan dapat dilihat dengan mata kepala di akhirat. Analisislah kedua pendapat tersebut! Dan pendapat siapakan yang lebih kuat!

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

5. Bagi sebagian mutakallimin, Tuhan dikatakan adil apabila memasukkan orang baik
ke surga dan memasukkan neraka bagi yang jahat/ingkar. Bagi sebagian yang lain,
Tuhan tidak boleh dikatakan tidak adil apabila memasukkan ke neraka bagi orang
yang berbuat jahat/ingkar ke surga, begitu juga Tuhan tidak boleh dikatakan tidak adil
apabila memasukkan orang baik ke neraka. Analisislah kedua pendapat tersebut!

PENILAIAN AKHIR SEMESTER AQIDAH AKHLAK SEMESTER 1 KELAS 11

BACA JUGA:












Komentar

KUMPULAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER, AKHIR SEMESTER DAN MATERI PELAJARAN

Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku

Analisis Isi Teks Anekdot   Cara Keledai Membaca Buku Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku Anekdot adalah cerita singkat yang mengisahkan tentang tokoh dalam kehidupan nyata dengan latar yang sebenarnya. Namun penyampaian teks anekdot diceritakan dengan gaya jenaka/lucu/humor. Contoh teks anekdot adalah cara keledai membaca buku. Di mana seperti kita tahu bahwa hewan termasuk keledai tidak bisa membaca. Analisis isi teks anekdot Cara Keledai Membaca Buku meliputi masalah yang dibahas, unsur humor, dan makna tersirat yang disampaikan. Apa masalah yang di bahas pada teks anekdot  Cara Keledai Membaca Buku ? Apa unsur humor yang terdapat dalam teks anekdot tersebut? Apa makna tersirat yang disampaikan?     Analisis teks anekdot - cara keledai membaca buku Analisis isi pokok teks anekdot  Cara Keledai Membaca Buku  yang meliputi masalah yang dibahas, unsur humor, dan makna tersirat yang disampaikan.   Masalah yang di bahas  dalam cerita  Cara Keledai Memba

ULANGAN HARIAN QURDIS KELAS 8 MTs

Bismillahirrohmanirrohiim ULANGAN HARIAN ilmusumbercahaya.blogspot.com - Untuk mengasah dan mengetahui sejauh mana pengetahuan kalian selama belajar BDR, kalian kerjakan soal dibawah ini.... A.    Pilihan Ganda 1.     Dibaca Mad Layyin jika bertemu dengan dua huruf mad yaitu  .... a. wau dan alif b. alif dan ya’ c.  wau dan sa’ d. wau dan ya’ 2.     Sebelum Mad LAyyin biasanya ada yang berharkat  .... a. sukun b. fathah c.  kasrah d. dhommah 3.     Kata Layyin berasal dari bahasa arab yang memiliki makna  .... a. keras b. lembut c.  lunak d. tipis 4.     Dibawah ini yang termasuk contoh Mad Arid lissukun adalah  .... a.  لاَ تُظْلَمُوْنَ b.  الحولُ c.   ذَهبُوْا d.  أرَأيتَ 5.     Letak Mad Arid Lissukun berada  .... a. Diawal Ayat b. Ditengah Ayat c.  Setelah Ayat d. Diakhir Ayat 6.     Kata  خَالِدُوْنَ  termasuk contoh  .... a. Mad Badal Tamkin b. Mad Arid Lissukun c.  Mad Layyin tawil d. Mad Iwad 7.     Dalam bacaan mad iwad tanwin dibaca  .... a. jelas dan tartil b. samar-samar di

SOAL HOT BAHASA INDONESIA HOTS-kelas 11

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 11 SOAL HOTS SOAL BAHASA INDONESIA HOTS          Maya merupakan seorang anak yang rajin. Setiap hari dia menolong ibu nya di rumah membersihkan bagian dalam dan sekitar luar rumah. Pada suatu hari dia mengalami kesulitan menggunakan alat pel rumah yang dibeli ibunya kemarin. Alat tersebut berbeda tipe dengan alat pel yang biasa dia gunakan. Kemudian dia membaca sebuah kertas yang merupakan cara menggunakan alat tersebut.  SOAL BAHASA INDONESIA HOTS Dengan membaca tulisan petunjuk penggunaan sebuah alat tersebut berarti Maya membaca .... a. Teks Prosedur b. Teks Penggunaan c. Teks Aturan d. Teks Penjelas e. Teks Observasi SOAL BAHASA INDONESIA HOTS Sinonim adalah persamaan arti/makna kata walau berbeda tulisan. Contoh: sinar dan cahaya, pintar dan cerdas. Ali membeli sebuah buku tentang Tutorial Cara Pengarsipan Data Perkantoran. Kata "Cara" memiliki sinonim dengan.... SOAL BAHASA INDONESIA HOTS a. Penjelas b. gaya c. Prosedur d. Presiden e.